Selasa, 01 Januari 2013

Halalkah Haji & Umroh Sistem MLM

Banyak pendapat atau opini yang berkembang di masyarakat sehubungan dengan bisnis dengan system MLM atau Multi Level Marketing. Ada yang mengatakan haram dan ada juga sebagian yang mengatakan boleh namun balik lagi ke sistem marketing plannya.
Kalau menurut saya pribadi, halal atau haramnya suatu bisnis tidak mutlak ditentukan oleh sistem marketing namun lebih ke manfaat produk yang dijual. Kalau produk yang dijual membawa manfaat maka orang tidak akan keberatan dengan masalah harga. Walaupun kita juga tidak bisa berbuat zalim dengan menjual produk setinggi langit, tentu semua ada aturannya. Keunikan suatu produk, memang mempunyai nilai lebih dipasaran dan ini sudah menjadi suatu dasar umum dalam penentuan harga jual.
Dan jangan sampai kita juga mengajak berbisnis orang dengan hanya iming-iming income namun benefit yang akan kita terima jika menggunakan produk yang dimaksud.
Seperti contohnya bisnis umroh dan haji dari Armina ini, semua orang tahu akan benefit yang kita peroleh dalam menjalankan ibadah yang bernilai jihad ini antara lain :
  1. Mendapatkan pahala 1000x lipat ketika sholat di masjid Nabawi
  2. Mendapatkan pahala 100.000x lipat ketika sholat di Masjidil Haram
  3. Mendapatkan pahala seperti pahalanya orang Umroh kalau sholat 2 rakaat di Masjid Quba
  4. Penyempurna rukun islam ketika menjalankan ibadah Haji
  5. Ada garansi dari ALLAH SWT doa kita akan dikabulkan jika berdoa di Multazam dan Rhaudah
Ok sekarang kita bicara masalah marketing plannya yang berbentuk network dalam pemberian komisi langsung, pasangan dan support. Komisi pasangan diberikan per 2 member yang dihasilkan dan komisi support diberikan ketika sudah mendapatkan member lebih dari 5 dan perpasangan juga pemberiannya. Sementara komisi langsung (direct selling) diberikan lebih besar dari komisi pasangan maupun komisi support.
Komisi langsung : Rp 1.500.000,-(Umroh) dan Rp 2.500.000,- (Haji Plus)
Komisi pasangan : Rp 500.000,-
Komisi support : Rp 1.000.000,-
Kalau dilihat dari penjelasan diatas, sistem ini lebih berbentuk Direct Selling Hybrid bukan murni MLM (Multi Level Marketing), karena tidak adanya TUPO. Otomatis yang bekerja lebih keras akan mendapatkan hasil yang lebih besar atau yang mendapatkan penjualan langsung lebih banyak, merekalah yang lebih besar mendapatkan income atau profit.
Keuntungan lain bergabung di Armina ini :
  1. Biaya paket umroh dan haji plus sama dengan biaya di travel lain
  2. Layanan Ring 1 artinya jarak antara hotel dan masjidil haram sangatlah dekat maksimal 250 m
  3. Tenda dan bus AC
  4. Muthawif berpengalaman dan bisa milih
  5. Berpengalaman sejak 1990 dalam biro perjalanan umroh dan haji plus. Bagi yang pingin kaya bisa minta tuh kaya waktu berdoa disana ^-^, insyallah dikabulkan, mungkin tidak harus kaya dari bisnis umroh dan haji ini namun dari sumber lain. Karena umroh dan haji ini sebagai saranan atau media dalam percepatan rejeki Anda
Ok yang saklak mengatakan sistem ini haram, sebaiknya mempelajari dulu ya atau bisa email saya kalau mau tanya-tanya dan dengan senang hati saya akan membalasnya.

0 komentar: